Jurnal Liburan Sumatera Barat Akhir Tahun 2011: Istana Pagaruyung


Ukiran pada dinding Istana
Lumbung di depan Istana
Sekitar 1 jam dari Bukit Tinggi lewati jalur menuju Payakumbuh terdapat Istana Pagaruyung. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan jaman dulu. Istana yang ada sekarang adalah bangunan replika karena bangunan asli telah dibakar oleh Belanda tahun 1803. Replika dibangun pada tahun 1976. Dalam perjalanannya, bangunan ini mengalami kebakaran beberapa kali. Kebakaran hebat terjadi pada tanggal 27/2-2007. Sekitar jam 19.10 WIB, Istana Pagaruyung terbakar akibat bagian atas atap (puncak gonjong) disambar petir. Bagian atap bangunan yang terbuat dari ijuk dan dinding dari bahan kayu membuat bangunan mudah terbakar. Bersama kebakaran besar ini konon musnah pula berbagai peninggalan sejarah Minangkabau yang tersimpan didalamnya. Sayang sekali.

Kini Istana Pagaruyung mulai dibangun kembali, pastinya diperlukan biaya yang tidak sedikit dan keahlian untuk membangun ukiran-ukiran penutup dinding dan atap.  Secara terbatas pengunjung sudah boleh masuk ke dalam areal Istana. 
Bagian depan Istana masih tertutup pagar seng (30/12/2011)
 


Di belakang istana terdapat bangunan terpisah yang disatukan dengan teras penghubung

Renovasi di dalam bangunan masih berlangsung (30/12/2011)

Salah satu bangunan penyimpan bedug di dalam kompleks Istana

Comments

ilubis85 said…
Wah baru tau bu ada tempat liburan yang asyik di Padang, taunya cuman Jam Gadang dan Bukit Tinggi heheheh
Unknown said…
Hmmm,.. saya jadi pengen pulang kampuang setelah ngeliat tulisan ibu,.. saya belum pernah ngeliat lagi istana semenjak terbakar,..

Popular posts from this blog

Jurnal Liburan Sumatera Barat Akhir Tahun 2011: Paradiso Village Cubadak Resort

PULANG: Untuk para anak di rantau