HIDUP PENUH DOA

Sebagai manusia yang sadar bahwa hidup di dunia hanya sementara dan ada Yang Maha Kuasa di atas sono, doa adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup saya. Setelah beberapa saat di Indonesia, saya “tersadarkan” bahwa doa saya lebih panjang daripada saat masih sekolah di Australia.

Saya berdoa agar saya dan keluarga sehat
… saya berdoa supaya nyamuk yang ada di rumah tidak ada yang jadi vektor DBD, malaria tropikana, kaki gajah …
… saya berdoa semoga ayam-ayam yang berkeliaran di rumah tetangga tidak tiba-tiba mati oleh virus flu burung dan berpotensi menyebarkan virus ke keluarga
… saya berdoa agar lalat yang bertebaran tidak menebarkan berbagai penyakit

Saya berdoa agar makanan yang kami makan halal dan bermanfaat bagi tubuh
.... saya berdoa agar ayam yang kami beli dari pasar bukan ayam buangan yang ternyata mengandung virus flu burung
… saya berdoa agar daging sapi yang kami beli tidak mengandung bakteri antrax
... saya berdoa agar tahu dan baso yang dibeli tidak mengandung formalin dan borax
... saya berdoa agar ikan segar dan asin yang dibeli tidak diberi formalin
... saya berdoa agar sayur dan beras yang dibeli tidak kebanyakan disemprot pestisida oleh petani
... saya berdoa agar tempe dan berbagai makanan dari terigu yang saya beli – baik kedele maupun gandum kebanyakan impor dari Amrik sana - bukan bahan yang ditolak di negara asal karena dianggap sebagai Frankenstein food
... saya berdoa semoga makanan, minuman atau jajanan yang saya beli di pinggir jalan atau bahkan di restoran belum terkontaminasi lalat, kecoa dan berbagai racun lainnya

Saya berdoa agar saya dan keluarga aman di jalan
… saya berdoa agar saat menyeberang di jalan saat lampu merah atau di zebra cross tidak ada kendaraan yang nyelonong
… saya berdoa agar saat turun dari kendaraan umum, bis mau berhenti total dan tidak tancap gas sebelum kaki menjejak tanah
… saya berdoa agar tukang copet di kereta tidak kalap dan mendorong sasarannya ke rel kereta karena nggak dapat apa-apa
… saya berdoa saat suami menyupir ke luar kota agar tidak ada bis, truk atau kendaraan lain dari lain arah yang dengan cueknya ngebut di jalur lain
… saya berdoa saat suami menyupir di Jakarta dia tidak lupa untuk menyimpan HP di tempat aman dan bannya tidak digembosin oleh ranjau paku atau dihadang kampak merah
… saya berdoa agar saat jalan di atas trotoar tidak diseruduk oleh rombongan motor yang ingin cepat sampai dan tentunya melewati jalur bebas macet alias trotoar itu
… saya berdoa agar polisi yang bertebaran di jalan bekerja dengan baik dan adil dan tidak cari-cari kesalahan agar duit di kantong makin penuh
… saya berdoa agar di jaman mahal BBM ini para pengendara kendaraan bermotor berbaik hati untuk tidak menggilas pejalan kaki dan penaik sepeda yang bukan saja menghemat tapi juga sehat

Saya berdoa agar anak-anak bisa belajar dengan baik dan bermanfaat bagi masa depan
... saya berdoa agar ibu/bapak guru tidak menghukum anak saya lari keliling lapangan atau berjemur ½ jam di bawah terik matahari sampai anak saya pingsan karena anak saya lupa memakai sabuk pinggang pagi ini
... saya berdoa agar teman-teman di sekolah bukan pengguna dan pengedar narkoba
... saya berdoa agar teman-teman disekolah tidak terkontaminasi oleh Paris Hilton sehingga merasa perlu menyebarluaskan rekaman alat-alat reproduksi dan memperagakan penggunaannya ke khalayak umum
... saya berdoa agar anak saya tidak banyak terlalu kritis ke gurunya karena khawatir akan dihukum
... saya berdoa agar anak saya kuat belajar mati-matian dari pagi sampai malam, menghapal habis-habisan ... guna mendapatkan selembar ijazah nasional
... saya berdoa agar guru matematika menyuruh anak dan teman-temannya les matematika murni demi meningkatkan pengetahuan bukannya menebalkan kantong
... saya berdoa semoga gedung sekolah anak saya tidak termasuk kategori ”kandang ayam”
… saya berdoa semoga anak-anak lebih senang membaca buku daripada menonton TV dengan sinetron yang tidak jelas isinya atau berbagai berita gosip yang nyeleneh
... saya berdoa agar kalau lulus SMP anak saya bisa punya NEM yang cukup baik sehingga saya dan suami tidak harus pontang-panting cari SMA
... saya berdoa agar bulan Juni 2006 saat masuk SMA Nasioal uang pendaftaran tidak sampai berjuta-juta

Saya berdoa agar saya dan suami bisa bekerja dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang
... saya berdoa agar ada tambahan proyek atau undangan jadi pembawa makalah dalam seminar sehingga bisa menambah pendapatan bulan ini
... saya berdoa agar saya tidak terlalu berharap banyak pemerintah mau menaikkan gaji secara nyata
... saya berdoa agar proyek suami bisa berhasil tanpa banyak potongan ini-itu sehingga mengurangi pendapatan
… saya berdoa semoga mahasiswa saya tidak kena virus mahasiswa Makasar yang hobi tawuran dan ngerusak kantor saya

Saya berdoa agar negara saya tetap aman dan sejahtera
… saya berdoa semoga saat sedang santai di mal atau liburan di suatu daerah tidak kena batu atau pelor nyasar gara-gara tawuran masal atau kena bom teroris
… saya berdoa supaya berbagai penyakit, kemiskinan, teror bisa hilang
... saya berdoa supaya para pejabat pemerintah dan anggota DPR baik di daerah dan pusat memiliki empati dan tidak ngomel melulu di TV seperti ember bocor
... saya berdoa semoga saya tidak terlalu banyak menceritakan kehidupan yang nyaman saat sekolah di Australia supaya nggak diomelin bos besar Indonesia karena dianggap nggak tahu diri
... saya berdoa supaya para petani dan nelayan bisa hidup layak seperti petani dan nelayan di negara maju
… saya berdoa semoga hari ini saya berhasil mematikan TV saat berbagai potongan tubuh berdarah-darah atau hitam legam bak arang ditayangkan secara gamblang sebelum anak saya berhasil menontonnya
… saya berdoa semoga saya tidak menjadi manusia Indonesia yang hanya rajin berdoa, berharap dan berkomentar tapi tidak berusaha keras untuk memperbaiki keadaan

…. aduh …. masih banyak lagi daftarnya … capek nih!

SELAMAT TAHUN BARU 2006!

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Liburan Sumatera Barat Akhir Tahun 2011: Istana Pagaruyung

Jurnal Liburan Sumatera Barat Akhir Tahun 2011: Paradiso Village Cubadak Resort

PULANG: Untuk para anak di rantau