TULIS!!!

Beberapa waktu yang lalu acara akbar reuni 54 tahun SMA gue (sekarang namanya SMU kali ya?) digelar. Kalau penasaran: dulu saya anak SMA -4 yang letaknya di Jalan Batu, Gambir. Konon dulu jaman dulu termasuk salah satu SMA terbaik di Jakarta dan kini (dengan penuh keluh kesah) nyungsep jadi nomor ke 200an lah. Pikir-pikir memangnya ada berapa sih SMA di Jakarta? Kalau ada 2000, lumayan lah masih masuk 10% ha..ha…. Yang gawat kalau memang cuma ada 200 itu doang.

Nah, kembali ke reuni, semua angkatan ngumpul deh, mulai yang seumuran penulis sampai yang seumuran anak . Pokoknya tumplek blek. Ada bagusnya juga kumpul semua angkatan, karena kalau reuni per angkatan nggak ketemu deh kita-kita sama angkatan lain yang barangkali dulu kita kecengin atau sebaliknya … gitu lho!

Kaget juga pas denger komentar beberapa temen yang ternyata rajin menyimak blog ini. Padahal, kalau dari per-bloggers-an, saya jelas payah. Blog kagak disebarluaskan, kalau inget aja bilang-bilang ke temen itupun lewat mulut ke mulut. Boro-boro naruh alamat blog dibawah alamat email, wong blog ini sekarang sudah 5 bulan vakum.

Karena diprotes … ya ini … mulai deh nulis lagi … ngalor ngidul juga nggak apa-apa kan?

-----------

Ternyata ngebrowse blog kadang-kadang asyik juga. Banyak lho blog yang bagus-bagus. Makanya blog itu konon bisa jadi sumber penghasilan. Siapa tahu nantinya jadi penulis handal .. iye nggak? Pan banyak novel yang beredar sekarang ini asalnya dari blog.

Salah satu blog yang nyentil saya adalah blog punya orang Indonesia yang sepertinya sedang bermukim di India http://afsyuhud.blogspot.com/2006/04/authority-in-blog-and-media.html. Ada satu tulisan yang judulnya “Tulis dong pak Dosen”. Biar kate saya bukan pak, kok merasa ditowel juga yach?

Mas, bener lho … kagak sempet nulis nih. Contohnya ya ini...blog  lima bulan nganggur padahal isinya ngalor-ngidul! Kadang-kadang memang heran juag dengan diri sendiri, apa ya kegiatan dosen (tepatnya diriku)diluar bikin proposal, pergi ke lapang ngejer kodok, nulis laporan ke funding foundation (yang lebih banyak ditolak daripada diterima), ngurusin sekitar 15 mahasiswa bimbingan, ngajar 3 kali seminggu, nulis paper yang ditolak melulu sama jurnal tapi sekalinya diterima perbaikannya bisa sampai 5 kali, menguji mahasiswa, nungguin anak belajar buat UAN, latihan musik atau main bola, sesekali kalau inget masak. Nah kan, kerjaan  memang nggak banyak kok! Iya dah … kalau inget nanti nulis!

Eh, kalau ngajar kita memang nulis untuk bahan kuliah. Tapi jaman sekarang memang lebih enak bikin pointers aja di powerpoint terus bla-bla-bla di depan dan di-print aja deh catatannya. Jaman sekarang, kalau udah puyeng baca buku teori, bahan ngajar ambil dari internet. Kadang-kadang saya suka bilang sama mahasiswa, sono baca-baca aja sendiri … nggak ikutan kuliah juga bisa sendiri. Tapi ternyata yang susah dan ngabisin waktu itu meramu semua bahan bacaan – dari buku, jurnal, internet, dll- dan menjadikannya dalam satu kesatuan. Sama aja deh, biar kate di lemari es ada sekantong roti tawar, sebotol mustard, selada, tomat, daging asap tapi kalau nggak ada usaha untuk mengeluarkan selembar roti lalu diatasnya ditata rapi daging asap, selembar daun selada ditambah seiris tomat lalu terakhir dikecrotin mustard dan ditutup lagi dengan selapis roti tawar – kagak bakalan jadi sandwich enak kan?

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Liburan Sumatera Barat Akhir Tahun 2011: Istana Pagaruyung

Jurnal Liburan Sumatera Barat Akhir Tahun 2011: Paradiso Village Cubadak Resort

PULANG: Untuk para anak di rantau